Bisnis

Cara Mengembangkan Usaha Kecil Agar Lebih Maju

Cara Mengembangkan Usaha Kecil Agar Lebih Maju

Myair Eu – Siapa yang tidak ingin bisnis kecil mereka berkembang pesat? Peningkatan bertahap, dari usaha kecil ke skala menengah. Kemudian menjadi besar untuk menginternasionalkan, bermain di pasar global.

Ini adalah impian setiap pengusaha. Bisa juga termasuk Anda yang saat ini sedang berjuang membangun bisnis dari nol. Ingatlah bahwa persaingan dalam dunia bisnis juga sangat ketat.

Anda harus memiliki strategi yang tepat untuk mencapai impian tersebut. Berikut cara mengembangkan bisnis kecil:

1. Diversifikasi Produk

Usaha kecil akan berhasil dan makmur jika Anda mendiversifikasi produk Anda. Jangan hanya terpaku pada produk dan layanan yang saat ini sedang dijual.

Anda bisa mengembangkan produk menjadi lebih bervariasi. Misalnya, bisnis Anda saat ini hanya fokus pada penjualan bandana atau hiasan kepala.

Untuk menarik lebih banyak konsumen, cobalah untuk mulai memproduksi atau menawarkan produk pakaian muslim. Jadi Anda bisa menjual produk terkait.

Konsumen mencari hijab dan busana muslim yang serasi di toko Anda. Dengan begitu, usaha kecil yang Anda jalankan tidak terkesan monoton. Jika Anda melakukan ini, bisnis Anda pasti dapat mengalami perkembangan yang signifikan.

2. Perluasan penjualan online

Sekarang era digital, dan semuanya online. Toko konvensional mulai menjual secara online sehingga pembeli tidak meninggalkannya.

Bisnis yang tidak mampu mengikuti perubahan zaman akan hancur. Begitu juga bisnis Anda. Jika saat ini Anda masih menggunakan model bisnis offline, segera beralih ke model online.

Konsumen khususnya kaum milenial tidak lagi ingin repot melakukan berbagai hal, termasuk berbelanja. Jika Anda ingin duduk atau berbaring, Anda bisa berbelanja. Jika Anda ingin menarik lebih banyak pembeli dan mempertahankan pelanggan Anda, berikan mereka kenyamanan dengan menawarkan peluang belanja online atau layanan online.

3. Merespon kebutuhan konsumen

Inilah pentingnya saran dan ulasan dalam sebuah bisnis. Anda menyadari kebutuhan yang belum diterima konsumen dalam produk Anda atau di pasar.

Jika Anda sudah tahu, jangan lewatkan atau hanya menjadi sepotong kue. Berinovasi dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Misalnya, di masa pandemi ini, konsumen ingin memakai masker wajah yang serasi dengan jilbab saat bepergian atau menghadiri acara formal, namun tetap praktis.

Anda bisa menjual masker hijab instan. Dimana topeng menyatu dengan hijab. Jika tidak ingin memakai masker, letakkan saja di bawah dagu. Jika Anda ingin menggunakannya, cukup tarik ke atas.

4. Lengkapi dengan lisensi

Bahkan jika itu adalah bisnis kecil, pastikan untuk menjual produk berkualitas. Tidak hanya dari segi bahan baku, tetapi juga izin atau lisensi dari regulator.

Misalnya, jika Anda menjual makanan, pastikan produk makanan Anda memiliki sertifikat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau departemen kesehatan, serta label halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Memang semua konsumen menginginkan barang atau jasa yang mereka beli memiliki lisensi, resmi dirilis bahkan dijamin keasliannya.

Jadi di sinilah pentingnya Anda memberi label pada produk dengan lisensi resmi dari otoritas atau regulator terkait. Hal ini tentunya akan mempengaruhi reputasi perusahaan Anda di mata konsumen.

5. Jalankan dengan model kemitraan

Ketika usaha kecil sudah mulai berkembang, langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda lebih jauh adalah dengan mendirikan sistem waralaba atau franchise. Oleh karena itu, produk yang dimiliki dapat didistribusikan secara luas, sehingga selain meningkatkan brand awareness, pendapatan perusahaan juga meningkat dan menguntungkan.

Namun perlu diingat bahwa bisnis yang dijalankan dengan konsep franchise harus terus diawasi atau diawasi. Jangan biarkan pembeli merek atau pewaralaba merusak kredibilitas yang telah Anda bangun dengan cara yang salah, seperti membeli bahan baku dari luar atau melanggar perjanjian kemitraan.

Kemitraan lainnya juga dapat dilakukan dengan membuka kemungkinan bagi orang lain untuk menjadi reseller. Anda mengambil barang untuk dijual kembali dengan merek atau nama merek dan harga jual Anda sendiri.

6. Membuat pembukuan atau laporan keuangan

Tidak hanya perusahaan besar, laporan keuangan juga wajib bagi perusahaan kecil atau UKM. Dengan laporan keuangan, Anda tahu uang itu digunakan untuk kebijakan apa pun sehingga uangnya terus bertambah.

Jangan abaikan pembukuan atau laporan keuangan Anda. Hal ini untuk menghindari penggunaan keuangan yang tidak terkontrol dengan baik, uang dapat habis begitu saja, yang pada akhirnya uang usaha tidak dapat digunakan untuk mengembangkan usaha lagi dan kemudian bangkrut.

Baca juga:

Pembayaran Cashless

Hindarilah Kesalahan Ini Saat Ingin Memulai Bisnis

Hindarilah Kesalahan Ini Saat Ingin Memulai Bisnis

Myair Eu – Teman-teman mungkin sering mendengar pepatah, “Kegagalan adalah awal dari kesuksesan.” Benar, tidak ada orang sukses di dunia ini kecuali mereka mengalami kegagalan. Namun risiko jatuh dapat dikurangi atau dihilangkan dengan perhitungan yang cermat sebelum mulai bekerja. Di bawah ini adalah beberapa kesalahan paling umum yang teman – teman lakukan saat memulai bisnis.

1. Salah dalam Pemilihan Lokasi

“Lingkungan menentukan hasil”, menurut saya pernyataan ini benar, dan keinginan untuk menjadi pedagang dapat terwujud ketika teman – teman membuat kesalahan saat memutuskan suatu tempat. Lokasi menentukan apakah bisnis teman – teman berjalan dengan baik dan menyertakan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan diperhitungkan.

2. Kurangnya Perencanaan

Perencanaan yang matang sangat penting untuk memulai bisnis. Selain memperhitungkan semua kendala, rencana tersebut juga harus memperhatikan tujuan yang konkrit, akurat, tepat waktu, dan obyektif. Namun, salah satu tes paling sederhana adalah mengembangkan rencana bisnis yang bersih dan teratur. Untuk membuat rencana bisnis yang akurat, teman – teman harus dapat mendefinisikan produk bisnis, menentukan pasar sasaran, mengidentifikasi manfaat produk, dan mengelola rencana keuangan dan administrasi.

3. Melupakan Keberadaan Sosial Media

Peran media sosial sangat penting di era digital sekarang ini. Teman – teman dapat menggunakan lebih banyak pengguna internet untuk mempromosikan bisnis teman – teman. Dengan jejaring sosial, teman – teman bisa menekan biaya iklan, seperti iklan media cetak dan elektronik yang sangat mahal. Kelola bisnis teman – teman di media sosial dengan baik, tidak sembarangan atau sembarangan. Karena jejaring sosial adalah cerminan bisnis teman – teman di zona cyber.

4. Tidak Mengenal Kompetitor

Penting untuk mengetahui pesaing bisnis teman – teman, karena jika tidak tahu, bisnis teman – teman akan tertinggal. Dengan mengenal kompetitor, teman – teman dapat memiliki konsep bisnis yang lebih baik sebagai strategi bisnis. Jadi yang perlu dilakukan adalah menjadi konsumen. Ini bukan untuk meniru pesaing, tetapi untuk belajar bagaimana melayani konsumen, bagaimana pesaing memasarkan produk mereka, nilai produk yang ditawarkan, dan teknik mempromosikan produk mereka. Dengan begitu, teman – teman dapat memaksimalkan pesaing dan menjadikan bisnis teman – teman unik dan menarik, meskipun produk yang teman – teman tawarkan sama.

5. Terburu – buru untuk Ekspansi

Tanpa diduga, bisnis yang teman – teman mulai berkembang pesat, dan kemudian teman – teman menjadi orang yang tanpa memutuskan untuk meningkatkan produk teman – teman. Di sisi lain, teman – teman tidak memperhitungkan kemampuan sumber daya manusia dan peralatan. Jadi mereka penuh sesak dan kualitas produk pada akhirnya berdampingan. Ini adalah tindakan nekat karena pelanggan setia bisa sedih dan tersesat. Jadi, jika belum siap berkembang, jangan dipaksakan. Tetap diam tapi fokus mengembangkan bisnis teman – teman, itu akan menjadi lebih baik.

6. Manajemen yang Kurang Baik

Kesalahan atau kelalaian dalam pengelolaan sering terjadi. Apalagi untuk pemula. Pengetahuan manajemen sangat penting untuk membantu teman – teman bertahan dan mengembangkan bisnis teman – teman. Manajemen keuangan, pengadaan, penjualan, produksi dan perekrutan staf sangat penting untuk dilakukan semaksimal mungkin.

7. Hanya Mengandalkan Store

Cobalah untuk mengikuti bazar secara teratur. Pilih bazaar dengan lokasi yang strategis dan menarik lebih banyak pengunjung. Bazar dirancang tidak hanya untuk menjual produk teman – teman, tetapi juga untuk mengumpulkan jaringan dan meningkatkan kesadaran tentang bisnis teman – teman. Dari bazaar tersebut teman – teman juga bisa belajar bagaimana mempresentasikan produknya dari bisnis lain. Jadi lebih termotivasi untuk mengembangkan bisnis teman – teman.

Sumber:

Blog Tentang Bisnis Online

Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads Agar Berhasil

Cara Membuat Iklan Di Facebook Ads Agar Berhasil

Myair Eu – Sebelum bisa beriklan di Facebook, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki halaman Facebook. Setelah membuat halaman Facebook, Anda sekarang dapat mulai membuat iklan Facebook. Berikut cara membuat iklan di Iklan Facebook:

1. Buka Iklan Facebook

Buka halaman Pengelola Iklan Facebook. Pastikan Anda masuk ke akun Facebook yang Anda gunakan untuk membuat halaman Facebook sebelumnya.

Artikel Lainnya: Cara Top Up Gopay Gratis Admin

2. Pilih pembuatan pengumuman terpandu

Buka menu Kampanye dan klik Buat iklan. Facebook akan memberikan dua pilihan untuk membuat iklan, yaitu membuat iklan terpandu dan membuat iklan cepat. Saran saya adalah memilih Buat Iklan Terpandu untuk membuat iklan Anda lebih spesifik.

3. Tentukan tujuan iklan

Selanjutnya, tentukan tujuan periklanan yang ingin Anda capai. Facebook menawarkan target iklan dalam tiga kategori berbeda, yaitu kesadaran, pertimbangan, dan konversi.

4. Klik tujuan iklan Anda

Tentukan tujuan periklanan mana yang tepat untuk Anda. Dalam tutorial Iklan Facebook ini, saya memilih tujuan lalu lintas

5. Pilih jenis iklan Facebook

Facebook menawarkan dua jenis opsi periklanan, yaitu pengujian terpisah dan pengoptimalan anggaran. Anda harus memilih salah satu. Kedua jenis iklan Facebook tidak dapat digunakan secara bersamaan.

Pada tipe iklan Split Test, Anda akan diminta untuk membuat dua iklan dengan konten serupa yaitu konten A dan konten B. Target audiens Anda akan terbagi dua dan Anda akan melihat iklan yang berbeda. Dengan cara ini Anda dapat melihat konten iklan mana yang mendapatkan lalu lintas paling banyak.

Pada langkah ini, Anda juga perlu menentukan anggaran iklan Anda. Anda bebas menentukan budget iklan Anda pada iklan Facebook.

6. Masukkan nama iklan dan pilih tujuan lalu lintas

Masukkan nama iklan Anda sehingga Anda dapat memeriksa kinerja iklan di Iklan FB. Kemudian pilih tujuan tujuan lalu lintas yang Anda inginkan. Anda dapat mengarahkan lalu lintas atau lalu lintas ke situs web, aplikasi, Messenger atau WhatsApp.

7. Tunjukkan promosi

bagaimana melakukan promosi iklan facebook
Jika Anda menjalankan promosi di bisnis Anda, centang opsi promosi untuk menampilkan promosi.

8. Tentukan khalayak sasaran

Seperti yang saya sebutkan di awal artikel, Anda bisa menentukan spesifikasi target audiens Anda berdasarkan faktor-faktor berikut:

  • Audiens kustom
  • Lokasi
  • Bertahun-tahun
  • Aliran
  • Bahasa
  • Segmentasi terperinci
  • Gabung

9. Tentukan lokasi

Untuk menentukan lokasi iklan yang ingin Anda tampilkan, di sini kami memilih lokasi yang dipilih secara otomatis. Opsi ini lebih baik karena Facebook secara otomatis akan menayangkan iklan di tempat dengan kinerja terbaik.

10. Pilih Perencanaan

Tentukan berapa lama iklan Anda akan berjalan. Dalam tutorial ini, saya memilih untuk menjadwalkan iklan selama sebulan.

11. Pilih format iklan

Ada lima jenis format iklan yang dapat dipilih:

  • Korsel – Menampilkan iklan yang berisi minimal 2 gambar atau video bergulir.
  • Gambar Tunggal: Menampilkan iklan dengan satu gambar.
  • Video tunggal: iklan dengan video.
  • Slideshow: iklan dengan satu slide gambar atau video hingga 10 gambar
  • Koleksi – Iklan dapat berupa kombinasi gambar dan video.

12. Buat teks

Di bagian ini, tulis deskripsi untuk iklan Anda. Buat deskripsi yang menarik dan ringkas agar audiens Anda dapat langsung memahami tujuan iklan Anda.

13. Pilih gambar, tulis judul dan masukkan link

Pilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda. Setiap format Iklan FB membutuhkan ukuran gambar yang berbeda. Tambahkan judul iklan yang menarik perhatian audiens target Anda. Masukkan juga link atau link yang diinginkan.

14. Bagaimana cara membayar iklan Facebook

Anda dapat melakukan pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Setelah Anda melakukan pembayaran, Facebook akan meninjau iklan Anda dan segera menampilkannya jika memenuhi semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

Iklan Facebook adalah platform periklanan yang efektif untuk memperluas pasar Anda. Maksimalkan potensi Iklan FB untuk menarik lebih banyak konsumen.

Mengenal Arti dari Reversal Itu Apa

Mengenal Arti dari Reversal Itu Apa

Myair Eu – Ada cukup banyak lembaga perbankan di Indonesia dan hampir semuanya selalu berusaha untuk bersaing memberikan fasilitas dan layanan terbaiknya. Tujuan utamanya adalah untuk dapat memberikan kepuasan dan kenyamanan kepada setiap pelanggan.

 

Terkait dengan visi dan misi tersebut, tidak dapat kita pungkiri bahwa hingga saat ini setiap bank terus menerus memperbaiki berbagai jenis struktur pelayanan nasabah. Layanan mobile banking, SMS banking dan ATM tidak terkecuali.

 

Terlepas dari perkembangan zaman dan teknologi yang ada, beberapa bank di Indonesia juga terus mengupgrade fasilitas yang ada. Penawaran aplikasi mobile banking dan digital banking tidak terkecuali.

 

Penyediaan segala fasilitas layanan ini diharapkan dapat mempermudah segala operasional yang akan dilakukan, seperti transfer bank, permintaan saldo, permintaan perubahan dan PENARIKAN TUNAI. Namun, semua instalasi ini dilakukan menggunakan sistem.

 

Kami tidak dapat menyangkal bahwa kesalahan dan masalah terkadang terjadi dengan informasi yang mungkin masih cukup umum dan kami gagal untuk memahaminya. Bahkan ketika ada notifikasi pesan yang mengatakan Rollback Description. Jadi apa yang dimaksud dengan Inversi?

 

Apa yang dimaksud dengan investasi?

Informasi tentang transaksi (pembalikan) di fasilitas perbankan perbankan biasanya ditampilkan melalui SMS notifikasi ke nomor ponsel yang terdaftar di layanan SMS banking atau Internet banking. Dan bagi kami pengguna “awam”, kami mungkin menemukan pemberitahuan itu panik.

 

Akan banyak pertanyaan yang mungkin langsung muncul di benak kita, antara lain aman tidaknya balance dan apa penyebab reversal dan apa arti reversal atau apa arti reversal. baca juga no va dana

 

Bagi Anda yang penasaran dengan istilah pembatalan, Pembatalan sebenarnya berarti SMS notifikasi yang dikirim oleh pihak bank sesuai dengan nomor ponsel pelanggan yang terdaftar karena kesalahan transaksi.

 

Mengapa transaksi saya gagal tetapi tidak ada pemberitahuan yang diterima?

Untuk meningkatkan fasilitas pelayanan terbaik, saat ini hampir seluruh bank di Indonesia, antara lain BIS, BNI, BCA dan Mandiri, dan masih banyak bank lainnya. Telah ditetapkan kebijakan mengenai notifikasi SMS bank secara otomatis demi keamanan.

 

Oleh karena itu, notifikasi rollback yang sama akan langsung muncul saat proses transaksi gagal. Namun, yang paling penting untuk diingat di sini adalah tidak semua transfer atau penarikan yang gagal akan menerima notifikasi SMS.

 

Sebagai gantinya, kami akan menerima pemberitahuan kebangkrutan atau pembalikan atau bank hanya akan mengirimkannya kepada nasabah jika transaksi gagal lebih besar dari Rp 500.000 dari rekening tabungan. Oleh karena itu, jika kurang dari nilai nominal, pembalikan bank SMS tidak akan diterima.

 

Alasan mengapa pembalikan dapat terjadi

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan Inversi seperti di atas, jelaskan. Beberapa dari Anda mungkin penasaran apa penyebab transaksi gagal terjadi dan ditampilkan.

 

Untuk itu di bawah ini dirangkum dan dicantumkan berbagai faktor yang mengindikasikan penyebab terjadinya kesalahan transaksi yang terjadi pada saat transfer atau penarikan tunai di ATM BIS atau bank lain.

 

  1. Nomor rekening tujuan salah

Penyebab pertama kegagalan transaksi biasanya adalah kesalahan pengguna. Salah satunya salah memasukkan nomor rekening tujuan. Artinya nomor rekening tujuan tidak dapat dilacak oleh sistem dan dianggap error.

 

  1. Batas waktu transaksi (Time Out)

Sistem perbankan akan secara otomatis memberikan batasan waktu untuk setiap jenis transaksi yang dilakukan oleh nasabah. Ini adalah salah satu sistem keamanan bank. Sekarang, ketika batas waktu telah berakhir, sistem akan secara otomatis menganggap transaksi gagal.

 

  1. keluar

Alasan lain kenapa muncul notifikasi pembatalan melalui SMS ke nomor handphone pelanggan biasanya di luar negeri. Atau dalam istilah external banking artinya jumlah target berada di luar coverage area bank. Kesalahan paling umum adalah karena fakta bahwa eksternal dilakukan selama transfer menggunakan kode.

 

  1. Terjadi gangguan pada jaringan

Oleh karena itu, penyebab pembalikan juga dapat terjadi karena adanya gangguan dari sektor perbankan. Apalagi di jaringan sendiri, sehingga ketika proses transfer atau withdraw dilakukan gagal. Artinya transaksi juga gagal bukan hanya karena kesalahan pribadi.

 

Apakah saldo kita aman?

Banyak dari Anda mungkin merasa khawatir ketika Anda menerima SMS yang memberitahukan Anda tentang transaksi yang gagal ketika Anda telah melakukan transfer atau penarikan tunai di ATM atau melalui mobile banking. Namun seperti pada penjelasan pengertian bank reversal seperti di atas, kita lanjutkan.

 

Kami dapat menyimpulkan bahwa Anda tidak perlu khawatir tentang saldo akun Anda. Karena saldo akun dijamin 100%. Untuk memastikan saldo Anda tetap utuh, ada baiknya Anda melakukan BALANCE CHECK melalui berbagai layanan.